teks berjalan

Welcome To On The Way Blog

Selasa, 15 November 2011

Kotbah tentang Abraham


NAMA            : Dewi Agustiyani Gadis R.
NOMOR         : 11
KELAS           : XI IPA 1
 Ringkasan Kotbah
Ilustrasi tentang dua buah tali yang salah satu ujungnya bersatu sedangkan ujung yang lain tidak. Sehingga semakin jauh jarak semakin lebar. Dimana tali pertama menggambarkan cara Tuhan dan tali yang lain menggambarkan cara dunia. Seseorang tidak dapat melintasi dua tali sekaligus jika melakukan itu pada saat mencapai titik tertentu maka akan terjatuh. Solusi yang paling tepat adalah memilih berjalan di salah satu tali. Ini menunjukkan bahwa cara Tuhan dan cara dunia sangat berbeda. Manusia tidak bisa mengikuti keduanya jadi harus memilih cara Tuhan atau cara dunia.
Untuk memahami hal tersebut kita dapat belajar dari kisah Lot dan Abraham. Kejadian 13 : 5-13 menceritakan Lot yang memilih tinggal di dekat kota Sodom dan Gomora yang merupakan tempat orang-orang yang jahat. Lot lebih melihat tempat itu karena tempat itu banyak airnya. Ia lebih memilih cara dunia. Akibat yang diterima Lot dalam          Kejadian 14 : 5, 11-12.
            Sikap Lot dibandingkan dengan Abraham yang mulai dari awal dia memilih untuk mengikuti cara Tuhan. Kejadian 19 : 4-9,14 keadaan kota Sodom dan Gomora.          Kejadian 22 : 17-18 berkat-berkat yang diterima Abraham karena kepatuhannya. Jika melihat perjalanan dari awal hingga akhir antara Lot dan Abraham yang dipikirkan adalah bahwa sewaktu kita bersikap penuh iman pada Tuhan dan beriman dengan cara sungguh-sungguh pada cara Tuhan akan mendatangkan berkat dan sukacita.
            Tuhan menginginkan kita untuk menjauhi dosa. Setiap keputusan yang kita buat sekarang banyak menentukan yang terjadi selama kehidupan ini. Karena Tuhan mengasih kita maka Dia telah memberikan perintah-perintah untuk membimbing pada perjalanan kita. Ketika kita mau mematuhi setiap kebenaran di dalam tulisan suci kita dapat melakukan pekerjaan kehidupan kita dengan bijaksana dan keterampilan yang lebih besar serta mengatasi pencobaan dengan keberanian lebih besar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar