teks berjalan

Welcome To On The Way Blog

Jumat, 11 November 2011

Skenario Drama

SKENARIO DRAMA
Jawa Vs Barat
Karya: DEwi agustiyani gadis raharjo
Di sebuah rumah mewah ada seorang ibu yang sedang melantunkan tembang Jawa sambil duduk di serambi rumah. Datanglah seorang anak dengan seragam sekolah.
Gadis     : (masuk kerumah)
Ibu         : (dengan logat jawa) “ Dasar anak zaman sekarang tidak tahu sopan santun. Pulang kerumahnya sendiri itu ya mbok pakai salam. Tidak asal nyelonong masuk seperti itu. Apalagi ada ibunya duduk di depan.”
Gadis     : (diam saja dan tidak menggubris terus masuk ke rumah)
Ibu         : “Eee... Sudah ditegur begitu juga masih tidak sadar. Duh..duh.. Gusti kenapa saya dulu melahirkan anak seperti itu.”(menyanyikan tembang kembali)

                              Beberapa saat kemudian.
Gadis     :  (keluar rumah)
Ibu         : “Mau kemana lagi kamu, dis ?”
Gadis     : (dengan nada sedikit ketus) “Mau nge-band. Di sekolah mau ada pensi,mah jadi mesti latihan dulu.”
Ibu         : “ Masa baru sampai rumah sudah pergi lagi. Nanti apa kata tetangga. Lagi pula masak setiap hari kamu nge-band ?”
Gadis     : “Ya.iyalah nge-band masak nyindhen kayak mama mau ditaruh mana mukaku didepan temen-temen.”
Ibu         : “Lho, jangan salah kamu. Dengan menjadi pesindhen ibumu ini dikenal banyak orang, dihormati banyak orang. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Lihat, kakakmu sekarang sudah pentas sampai ke Amerika.”
Gadis     : “ Alah, peduli apa coba yang penting aku happy kalo nge-band. Nggak bikin ngantuk orang yang denger, nggak ngebosenin, dan yang penting nggak bikin sakit hati.”
Ibu         : “ Maksudmu sakit hati itu apa?”(berteriak)
Gadis     :  (bergegas pergi tanpa memperdulikan ibunya lagi)

               Malam hari pulanglah Gadis ke rumah dengan membawa banyak kantung belajaan.

Ibu         : (dengan nada menyindir) “Sudah pulang kamu? Baru juga jam sepuluh malam?”
Gadis     : “Mama nggak suka aku pulang lebih cepet?”
Ibu         : “Terserah kamu, nduk. Ibu sudah puyeng menegur kamu. Kamu bawa apa itu?”
Gadis   : “Biasa Mom, aku beli baju buat pentas seni besok terus buat hang-out bareng temen-temen.”
Ibu         : ”Bajumu itukan sudah banyak untuk apa beli baju lagi. Ibu tahu kita sedang diberi banyak sama Gusti, tapi tidak untuk dihambur-hamburkan, nduk.”
Gadis     : “Mama ini gimana sih!! Apa kata orang coba masak anak seorang pesindhen tersohor nggak pake baju yang tren masa kini?”
Ibu         : “Lebih lagi apa kata orang kalau anak seorang pesindhen tersohor tingkahnya seperti kamu. Yang kerjanya hanya nge-band. Lebih baik kalau menyanyi lagu yang lembut. Lha kamu, nyanyi lagu yang ndung cek ndung cek kedombrengan tidak jelas begitu.”
Gadis     : “Wah, Mama nggak gaul sih jadi ya nggak ngerti.”
Ibu         : “Lebih baik kamu itu cinta daerahmu. Ikut lomba Nembang Jawa. Lihat itu pialamu hanya di isi juara lomba penyanyi rock, jazz, dancing, modern dance. Bandingkan dengan piala kakakmu yang membuat ibu bangga dan mendukung profesi ibu. Ibu pengen sekali saja melihat kamu menari tarian jawa atau melantunkan lagu jawa gitu lho. Dibandingkan piala kakakmu yang segudang ini ibu lebih bahagia mendengar suaramu melantunkan lagu jawa. Boro-boro lagu jawa sekarang saja kamu tidak pernah lagi menggunakan bahasa jawa. Memanggil ibumu saja dengan sebutan mama.”
Gadis     : ” Udahlah, mah aku capek mau istirahat nggak usah mulai membakar api deh. Mending apinya aku sirem dulu dikamar mandi.”(pergi kekamar mandi)
Ibu         : “Itu... anakku yang paling cantik kalau tidak begini bukan Gadis namanya.”

Keesokan harinya. Disekolah.
Gadis     : (melihat mading dengan melamun)
Dian       : “Kenapa, dis kamu ngliatin pengumuman itu terus. Kamu pengen ikut ya?”
Gadis                    : “Ikut? Buat apa coba ikut lomba jadul kayak begini?”
Bambang: “ Yaiyalah, masak seorang gadis ikut lomba kayak begini. Nggak mungkin walaupun dia anak Intan Paramita pesindhen tersohor dia kan nggak bisa nyanyi jawa. Boro-boro lagu jawa ngomong jawa aja nggak bisa.”(tertawa meledek)
Gadis     : “Maksud kamu apa. Mau nyindir?”
Bambang: “Aku nggak nyindir tapi itu adalah fakta yang nggak bisa dipungkiri yatoh....”
Gadis     : “Talk to my hand.” (pergi menyingkir)

Di taman sekolah.
Gadis     : (bersama Dian duduk di taman)
Dhio      : (berjalam menghampiri Gadis dan Dian)
Gadis     : (mengamati Dhio)
Dhio      : “Dian, kamu udah nemuin Agung?”
Dian       : “ Belum nih, aku belum sempet. Tapi, aku udah mendaftar di Pak Joko kalau kamu dan aku jadi pasangan duet.”
Dhio      : “ Bagus deh kalo gitu, kalo gitu giliranku buat bilang sama Agung.”(pergi dengan segera)
Dian       : “ Ngapain kamu kayak terkagum-kagum gitu?”
Gadis     : “ Nggak biasa aja. Kamu kali yang aneh. Kamu duet sama dia buat audisi?”
Dian       : “Iya. Dia yang ngajakin aku.”
Gadis     : “ Bukannya kamu naksir Bambang kenapa duetnya sama Dhio?”
Dian       :” Abis Bambang nggak ngajak aku sih, yaudah. Aku ke perpustakaan dulu ya aku mau ngembliin buku.”
Gadis     :”Ehm.”




Agung   : “ Wah, Mbang kamu dapet saingan.”
Bambang: “Sapa?”
Agung   : “ Dhio, temen sekelas kamu. Kemaren aku dikasi tau sama Pak Joko kalo Dhio duet sama Dian.”
Bambang: “ Ah, yang bener?”
Agung   : “ Benerlah, tuh anaknya aja udah dateng.”
Bambang: (menoleh ke arah Dhio) “ Yaudah, ntar kita lanjuti lagi kayaknya kamu lagi sibuk.”
Agung   : “Ya...”
Dhio      : “Gung aku mau....”
Agung   : “Iya, aku udah tau Pak Joko yang ngasih tau ke aku.”
Dhio      : “Bagus kalo gitu. Kapan kita mulai latihan?”
Agung   : “Kayaknya semangat tenan, ya. Tunggu waktu pendaftaran selesai. Baru ntar semua peserta audisi kumpul dan latihan bersama.”
Dhio      : “ Oh, gitu tho... Bambang juga ikut lagi?”
Agung   : “Pastilah..”
Dhio      : “Ehm...yaudah kalo gitu. Makasih buat infonya.”

Dhio      :”Kamu masih disini mana Dian?”
Gadis     : “Baru aja pergi keperpus katanya mau ngembaliin buku.”
Dhio      : “ Kamu nggak ikut audisi?”
Gadis     : “Nggak minat aku soal kayak gitu.”
Dhio      : “Bukannya?”
Gadis     : “Bukannya ibuku seorang pesindhen ternama?! Cerita basi.”
Dhio      : “Hehee... Ntar kamu pulang dijemput atau nggak?”
Gadis     : “Belum tau. Emang kenapa?”
Dhio      : “Aku anterin pulang ya?”
Gadis     : “Serius? Emang nggak ada yang marah?”
Dhio      : “Nggak adalah. Pokoknya ntar aku tunggu di depan sekolah. Dah,,,” (berjalan pergi)
Gadis     : (tersipu malu)

Didepan rumah Gadis.
Gadis     : “Makasih udah mau nganterin.”
Dhio      :”Iya...Ibu kamu mana?”
Gadis     : “Ada perlu apa kamu nanya ibuku segala?”
Dhio      :” Nggak, aku Cuma mau tanya sedikit soal nembang jawa.”
Gadis     :” Jadi, maksud kamu. Kamu nganterin aku sampai rumah gara-gara mau nemui ibuku? Ibuku nggak ada dia ada show di Singapore.” (dengan muka masam dan kecewa)
Dhio      : “Sayang ya...aku pulang dulu deh. Sampai ketemu disekolah
besok ya.”
Ibu         :”Siapa tadi nduk?”
Gadis     : “Bukan sapa-sapa.” (masuk rumah)

Gadis melewati ruang latihan Dhio dan Dian.
Dhio      : (Keluar dari ruangan) “Gadis? Tumben kamu disini?”
Gadis     : “Oh, iya aku mau nemuin Dian. Latihannya masih lama ya?”
Dhio      : “Masih... Kamu mau pulang bareng Dian tho?
Gadis     : (menganggukan kepala)
Dhio       : “Gimana kalo nanti kamu pulang bareng aku lagi?”
Gadis     : “Hehe... nggak usah repot-repot deh. Mending aku sama Dian aja.” (duduk di bangku depan ruang.”

Dhio dan Dian latihan.
Dhio       : “Dian, Gadis nunggu diluar tuh.”
Dian       : “Aku udah tau makanya cepet latihan kasian dia nunggunya lama.”
(Dian dan Dhio menyanyi, Gadis mendengar dari luar)

               Pensi digelar Gadis pentas dan menyanyikan sebuah lagu.
Dhio       : “Wah, suara kamu bagus ya.”
Gadis     : (tersenyum malu) “Ah, biasa aja suara kamu juga bagus kok.”
Dhio       : “Kamu nonton aku ya waktu audisi seminggu lagi.”
Gadis     : “Oh, iya seminggu lagi kamu sama Dian audisi ya.”
Dhio       : “Heem... Tapi ini latihan yang terakhir mulai besok semua latihan dirumah masing-masing.”
Gadis     : “Bagus deh...”

Dhio dan Dian serta peserta lain termasuk Bambang latihan, Gadis menunggu didepan.
Agung   : “Berbisik dan mendekat pada Bambang. Mbang betulah kataku kamu memang benar-benar mendapat saingan. Pak Joko selalu memuji dia terus didepanku dan menyuruhku melatih dia lebih keras lagi. Kalo aku sih lebih baik melatih kamu.”
Bambang : “Masak sih, Pak Joko ngomong gitu?”
Agung    : “Iya, kamu kan tau sendiri aku nggak pernah bohong sama kamu.”
Bambang: “Terus apa tanggapan Pak Joko tentang aku?”
Agung   : “Pak Joko nggak ngasih tanggapan apa-apa tuh. Udahlah nggak usah dipikirin kalo kamu punya kemampuan lebih dari dia pasti kamu yang maju ke lomba itu. Sekarang kita gabung aja ama anak-anak yang laen.”
Bambang: (mengikuti Agung yang berjalan)

               Latihan selesai Dian, Dhio, Agung, dan Bambang pulang.
Dian       : “Yuk, Dis kita pulang.”
Gadis     : “Kamu duluan aja tadi mamaku telepon katanya mau jemput langsung dari bandara.”
Dian       : “Kalo gitu aku nemenin kamu dulu aja deh.”
Gadis     : “Nggak usah. Kamu pulang duluan aja katanya kamu mau ada arisan keluarga dirumah.”
Dian       : “Iya sih. Tapi.....kamu nggak apa-apa kan?”
Gadis     : “Nyantai aja kale.”
Dian       : (barjalan pulang)
Gadis     : (masuk ke ruang latihan, merenung beberapa saat kemudian dia mengambil teks tembang dan mulai menyanyikannya)
Agung   : (secara diam-diam mendengarkan suara Gadis) “Suara kamu bagus juga dalam menyindhen. Sepertinya bakat ibumu menurun padamu.”
Gadis     : (kaget dan menatap Agung) “Maksud kamu apa?”
Agung    : “Kenapa kamu nggak ikut audisi?”
Gadis     : “Mengikuti audisi jadul itu?! Buat apa? Tidak ada gunanya.”
Agung   : “Bukannya kamu tertarik menyanyikannya. Menyanyi secara diam-diam bukanlah cara yang tepat.”
Gadis     : “Sudahlah, aku mau keluar. Mungkin mamaku udah jemput aku.”(barjalan keluar dengan tergesa-gesa)

Disekolah.
Bambang: “Hai, Dian. Kamu sendiri aja mana si Gadis?”
Dian       : “Lagi ke kantin.”
Bambang: “Kamu kok nggak ikut ke kantin emang nggak laper?”
Dian       : “Aku bawa bekal kok.”
Bambang: “Dian, nanti malam kan malam minggu gimana kalo kita main bareng?”
Dian       : “ Serius? Emang nggak ada yang marah?”
Bambang:” Siapa yang marah? Nggak ada.”
Dian       : “Masak seorang Bamz nggak punya pacar?”
Bambang: “Nggak. Aku nggak punya kalo calon punya.”
Dian       : “Siapa?”
Bambang: “Kamu.”
Dian       : (tertawa malu) “Yaudah terserah kamu.”(pergi masuk kelas)

               Gadis pulang kerumah. Ibunya sedang menyanyikan lagu jawa.
Gadis     : (masuk kamar dan membunyikan lagu korea keras-keras)
Ibu         : (masuk kamar Gadis) “Gadis.... Kamu itu kalau nyetel lagu jangan keras-keras, berisik di telinga. Lagu jelek begini saja.”
Gadis     : “Jelek kata mama. Daripada lagu ini lagu kebanggaan mama itu nggak ada apa-apanya.”
Ibu         : “Maksudmu lagu jawa?! Jangan asal kamu nanti kamu bisa di kutuk nenek moyangmu. Kamu itu harus cinta budaya daerahmu. Kalau bukan kamu siapa lagi yang cinta?”
Gadis     : “Cinta? Apa dengan cinta pada budaya bisa ngembaliin bapak yang udah meninggalkan kita karena profesi ibu? Apa dengan cinta pada budaya bisa membuat ibu tidak memaksaku memilih seni? Gara-gara profesi itu mama nggak ngurusin aku selama bertahun-tahun. Bapak yang memperhatikanku juga dibuat pergi oleh mama. Apa ada manfaat lagi menyanyi lagu-lagu itu?”
Ibu         : (mendengar dan hanya menangis)
Gadis     : “Aku mau istirahat dulu lebih baik ibu keluar dulu.”
               Ibu keluar masih menangis dan Gadis menangis di dalam kamar. Keesokan harinya audisi berjalan lancar dan Dhio dan Dian yang terpilih menjadi wakil untuk sekolah. Bambang tidak suka melihat Dhio.
Gadis     : “Selamat ya Dhio, Dian. Kalian memang hebat.”
Dhio dan Dian : “Makasih ya.”
Dhio      : “Gimana kalo kita rayain dengan makan-makan dikantin?”
Dian       : “Ide bagus tuh. Tapi, nggak Cuma menang yang harus dirayain tapi, aku udah jadian sama Bambang.”
Dhio      : “Yang bener yan?”
Dian       : “Bener.. Gimana dis kamu mau kan?”
Gadis     : “ Maulah gratisan gitu.”(bersama pergi)
               Hari berjalan. Gadis menunggu Dian dan Dhio latihan seperti biasa. Waktu berjalan sampai waktu audisi tiba. Suara seseorang menelepon Dian “Hallo mbak ini pacar mbak kecelakaan lukanya sangat parah sekarang sudah dibawa ke rumah sakit Bakti Mulya. Dari tadi dia mengigau nama mbak.”
Dian pergi dan meninggalkan lomba. Dhio mencari kebingungan.
Dian       : (menelepon Dhio) “Yo, tolong kamu bilang sama Pak Joko aku minta maaf nggak bisa datang lomba karena seseorang yang penting sedang dirumah sakit. Tolong ya yo.”
Dhio      : “ Tapi ?”(telepon terputus)
Agung   : “Mana Dian yo. Sebentar lagi lomba akan mulai para juri sudah siap, para tamu undangan sudah datang.”
Dhio      : (menceritakan yang sebenarnya)
Agung   : “ Lalu, bagaimana ini atau Bambang saja yang maju bersama pasangannya. Bambang kan sudah biasa mengikuti lomba. Lebih baik aku konfirmasi dulu ke Pak Joko?”
Gadis     : “ Nggak usah. Kalo Pak Joko tau Dian bisa di marah sampai habis.”
Dhio      : “Lalu gimana solusinya? Ini masalah besar. Kita membawa nama baik sekolah.”
Agung   : “ Aku juga tidak mau ambil resiko. Kecuali kalo kamu mau menggantikan Dian, dis.”
Gadis     : “Aku?! Ngantiin Dian? Mana bisa??”
Agung   : “Aku udah pernah denger suara kamu.”
Gadis     : “Tapi kan beda.”
Dhio      : “Gadis hanya ada dua pilihan.”
Gadis     : (merenung sesaat) “Baiklah aku yang maju.”
               Gadis dan Dhio pentas bersama dan Intan yang menjadi tamu kehormatan tercengang sekaligus terharu melihat anaknya menyanyikan tembang jawa. Dian menemui Bambang dirumah sakit dan melihat bahwa Bambang hanya berbohong dan meminta Bambang untuk pergi bersamamya ke pentas sebelum terlambat dan memaksa Bambang nanti mau minta maaf pada Dhio dan semua. Bambang dan Dian dan semua melihat mereka berdua pentas. Bambang minta maaf dan mereka menunggu hasil lomba.
Bambang: “Maafin aku ya Dhio, ini salahku.”
Dhio      : “Udahlah yang penting kamu udah sadar dan semua tetap berjalan lancar, Yang terpenting sekarang adalah hasil lombanya.”
Pembawa acara “Juara pertama adalah SMA Seni 4.”
Semua   : (Bersorak dan memberi selamat pada mereka)
Gadis dan Dhio menerima Piala.




?bub/.


1 komentar:

  1. semoga drama ini berarti walau ceritanya tidak seberapa...
    Ini saya buat waktu ada tugas bahasa Indonesia
    yang penting bermanfaat ...
    AMIN>>>>

    BalasHapus